Wednesday, August 17, 2011

Menjadi Full Time Pebisnis Online

Menjadi Full Time Pebisnis Online


Mengapa bisnis online?
Internet telah banyak melahirkan netpreneur dunia yang sukses dengan cemerlang. Liat saja daftar 10 orang terkaya didunia, beberapa diantaranya diisi oleh orang-orang yang main bisnisnya via internet. Kekayaan milyaran dollar US telah diraih pada usia yang sangat muda, rata-rata masih diusia 35-an tahun. Sebut saja si Jeff Bezos, pemilik Amazon.Com yang mampu mengumpulkan kekayaan $5,7 Milyar diusia 35 tahun. Ada lagi Pierre Omideyar, dari eBay berhasil menumpuk kekayaan$3,7 Milyar diusia 32 tahun, dan masih banyak lagi.
Begitupun demikian di Indonesia, ratusan juta rupiah per bulan menjadi pendapatan yang lumrah  bagi para master bisnis online Indonesia. Yang saya tahu, jika sekedar jutaaan rupiah saja banyak diperoleh mahasiswa Yogyakarta disela-sela kesibukannya kuliah. Bahkan seorang teman yang saya kenal usia masih sekitar 20 tahunan, bulan lalu mampu mengasilkan 50 juta dalam waktu hanya sebulan…jumlah yang ga bisa dibilang sedikit, gaji walikota saja lewat …   Kurs rupiah terhadap dollar yang tinggi menjadikan earn itu terasa bikin ‘ijo mata’ kita he2… kebetulan.. US dollar yang sering dipake  sebagai acuan pembayarannya.
Saya sendiri sebenarnya telah 2 tahun ini (semenjak kuliah) belajar dan menggeluti dunia ini, tapi hanya sebatas part time saja. Nah kali ini… dari beberapa realitas tersebut diatas, sejak 2 bulan yang lalu saya berani memperteguhkan diri untuk terjun menjadi Full Time Pebisnis Online. Selain karena susahnya mencari kerja di dunia offline, saya juga banyak melihat peluang dan kemudahan dalam bisnis ini. Apa saja kemudahan dan peluang itu, berikut ini alasan saya sodara-sodara :
  • Peningkatan secara signifikan pengguna internet.
Hampir diseluruh dunia seiring pertumbuhan teknologi informasi yang berlangsung cepat dan mobile, data pengguna internet mengalami peningkatan yang cukup pesat. Simak saja di Cina yang sekarang pengguna internetnya melebihi jumlah populasi penduduk Amerika Serikat.  Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pertumbuhan pengguna internet  naik 25% setiap tahunnya. Tentunya menjadi peluang yang cukup besar bukan? 
  • Bisnis online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
Dibelahan bumi manapun asal ada akses ke satelit kita dapat menjalankan bisnis online. Beda dengan dengan bisnis offline yang dibatasi oleh lokasi tertentu sebagai tempat usaha. Begitupun dengan waktu, internet adalah ‘dunia yang tidak pernah tidur’, berjalan 24 jam nonstop dalam 7 hari. Sambil tiduran dikamar atau sedang pergi berlibur, transaksi dapat kita lakukan dengan seluruh pengguna internet didunia ini. Sedangkan bisnis offline biasanya membatasinya 8 jam sehari dan 5-6 hari kerja. Hmm…suatu kemudahan bisnis online buat optimasinya…
  • Modal yang diperlukan relatif kecil.
Untuk memulai bisnis online tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan gratis pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan gratis yang banyak tersebar di internet. Jika dengan modalpun hanya dibutuhkan beberapa ratus ribu saja sebagai biaya untuk sewa hosting dan beli domain, murah bukan..? Bandingkan dengan bisnis offline, hanya untuk sewa tempat saja bisa menghabiskan dana jutaan rupiah, bahkan puluhan juta untuk lokasi yang cukup strategis.
  • Bisnis online dapat berjalan secara otomatis.
Khusus bagi para publisher iklan, bisnis online dapat berjalan secara otomatis tanpa harus kita kontrol setiap saat. Asal website/blog penyedia space iklan kita tidak down, maka bisnis ini telah menjadi sistem yang berjalan otomatis. Selain itu telah banyak pula bermunculan software atau script yang bersifat automatic, sehingga mampu meringankan beban pekerjaan kita untuk mengelola bisnis online ini.

Itulah beberapa alasan kenapa saya meneguhkan diri untuk menjadi Full Time Pebisnis Online. Semoga saja ‘The Right Man In The Right Place’ dan bisa sukses seperti master dan guru SEO saya ini…

No comments:

Post a Comment

Clixeria max - Dapat Dollar gratis dari paman sam -- 0.01 $ / click