Sunday, August 7, 2011

Auto Generated Content NO, Copy Paste boleh, asal…

courtesy of lentera kecil , klicksaya
internetKesal, bingung  karena mencari sesuatu di halaman situs pencarian tidak menemukan hasil ? Dari beberapa situs yang di-klik hasilnya selalu itu, itu saja dan membingungkan, padahal keyword yang dicari telah tampil di halaman depan. Bisa jadi situs yang di-klik menggunakan auto generated content. Auto generated  content  pada dasarnya mengambil hasil pencarian dari mesin pencari, kemudian dimasukkan ke dalam situs tersebut. Menjengkelkan bagi pencari, menguntungkan bagi pemilik situs yang memakai auto generated content.
Saya di sini tidak membahas cara membuat auto generated content (AGC), melainkan dampak akibatnya. Seperti alenia di atas, bagi peselancar dunia maya akan merasakan negatifnya situs yang menggunakan AGC,  pernahkah Anda mengalaminya ? Pernahkah Anda mencari sesuatu di situs mesin pencari dan hasilnya, situs yang anda temukan/klik berisi hasil pencarian juga. Dengan kata lain, hasil pencarian dalam hasil pencarian “Search results in search results” Tujuan utama situs yang memakai AGC adalah untuk meningkatkan traffic kunjungan, yang ujung-ujungnya nongol di halaman situs mesin pencari. Tetapi keuntungan di atas penderitaan orang. Google sebagai mesin pencari nomor 1 menganggap situs AGC sebagai situs SPAM, meskipun kadang masih kebobolan, terutama google.co.id. Tetapi  Google telah menyediakan  layanan laporan spam di https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport.
Kalau Anda ingin mengikuti program Adsense, semisal  google adsense, kliksaya jangan berharap sekali untuk diterima, meskipun trafik kunjungannya tinggi tapi hasil AGC. Belum lagi situs AGC akan membuang bandwidth percuma, dan dicap situs sampah. Terutama buat kliksaya.com, apabila ada situs yang menggunakan AGC, tendang sejauh-jauhnya, baik yang mau mendaftar  ataupun yang sudah menjadi anggota pub.kliksaya.com. Buat apa memberi kesempatan, bonus, uang untuk orang yang malas, egois, menyesesatkan orang lain. Katakan tidak pada Auto Generated Content. NO.
Situs CoPas (Copy and Paste) mengapa tidak ? Asalkan…
Masih ada persyaratan kalau membuat situs yang berisi artikel copas (salin tempel). Banyak artikel yang dibuat seolah-olah buah karya sendiri, padahal menyalin persis dengan sumbernya . Padahal untuk membuat artikel , seseorang membutuhkan pikiran, tenaga dan waktu, dan dengan seenaknya orang lain menjadi plagiator atas karyanya. Kalau sebagai pembelajaran terutama bagi penulis pemula, tentunya diperbolehkan sepanjang mengikuti etika yang ada. Alangkah sopan dan terpujinya kita apabila meminta ijin terlebih dahulu kepada pembuat artikel  untuk menyalin/memuat artikel tersebut di situs kita. Kalaupun tidak memungkinkan, dengan menyebutkan sumbernya adalah tindakan tepat, dan kita tidak ada resiko kebenaran atas artikel tersebut. Di sisi lain, manfaat artikel dengan copas, keterbatasan pengetahuan tentang permasalahan yang akan dibahas dapat tertuntaskan, menambah artikel yang sesuai dengan isi situs lebih cepat, asalkan etika tetap dijunjung tinggi. Dan harapan nantinya dengan berjalannya waktu dan pengalaman, dapat membuat sendiri artikel yang berbobot.
Bagi penyedia Adsense sebenarnya tidak ada masalah, hanya saran dan harapan agar konten situs berisi artikel orisinal pembuat situs, tetapi kalau sudah Auto Generated Content langsung ditentang tanpa kompromi. Menurut saya, dengan adanya konten copas, tidak berpengaruh dengan adsense,  dengan alasan kalau konten tersebut menarik, unik, cocok dengan topik situs, sehingga pengunjung tidak beralih ke situs lain karena sudah terkumpul di sini, bukankah trafik bisa bertambah naik? Kliksaya sebagai salah satu adsense lokal tentunya bisa mempertimbangkan ini.

No comments:

Post a Comment

Clixeria max - Dapat Dollar gratis dari paman sam -- 0.01 $ / click